PENGOBATAN TERKINI PENYAKIT TIPUS


 salmonella typhyi lifespan human body

Beberapa waktu yang lalu Bapak Mertua saya sakit. Badannya panas, batuk, dan pusing. Ketika saya datang, Bapak sudah minum obat turun panas, dan obat batuk selama dua hari. Sakitnya belum mereda. Saya memberikan jamu masuk angin dua bungkus, karena setahu saya, jamu ini terbukti meningkatkan daya tahan tubuh. Setelah jamu diminum, ternyata penyakit tidak kunjung reda. Saudara yang lain sudah mengusulkan untuk berganti obat. Karena sudah tiga hari, maka saya segera mencegahnya. Saya menyarankan untuk memeriksakan Bapak ke dokter. Saran itu segera dilaksanakan. Ternyata hari itu Bapak tidak diijinkan pulang. Bapak langsung disarankan rawat inap di Puskesmas Rawat Inap. Bapak didiagnosa menderita tipus.
Kisah ini menunjukkan bahwa gejala tipus tidak mudah dikenali masyarakat. Saya sendiri tidak menduganya. Saya bertindak hanya berdasarkan anjuran pada kemasan obat, bahwa bila sakit berlanjut ( lebih dari 3 hari ), hubungi dokter ( lebih cepat, lebih baik).
Gejala tipus mirip dengan gejala beberapa penyakit lain, seperti demam dengue, leptospirosis, malaria, infeksi saluran kencing, atau infeksi saluran napas. Karena itu sulit menentukan jenis penyakitnya. Bapak saya sendiri sempat mengira malarianya kambuh, dan minta dibelikan pil kina. Umumnya tenaga kesehatan mendiagnosa penyakit tipus dengan gejala klinik dan pemeriksaan penunjang sederhana ( tes widal ). Untuk pemeriksaan yang lebih teliti perlu dilakukan pemeriksaan kultur darah.
 Bakteri salmonella typhi



Tipus adalah infeksi saluran pencernaan oleh bakteri Salmonella typhi (S.typhi), yang kemudian akan menyebar ke hati, limpa dan kantung empedu. S. typhi dapat bertahan terhadap suasana asam di lambung, sehingga dapat menginfeksi usus. Gejalanya yang paling khas adalah demam tinggi dan nyeri perut. Bakteri ini mudah sekali berkembangbiak dengan cepat di tempat-tempat yang tidak terjaga kebersihannya dengan baik, sehingga air minum atau air untuk memasak makanan dapat tercemar oleh bakteri S.typhi yang ada pada tinja. Penyakit ini sudah sangat jarang ditemukan di negara-negara maju yang tingkat sanitasinya jauh lebih baik dibandingkan negara-negara berkembang.
Meskipun seseorang telah sembuh dari tifus, di dalam tubuhnya masih mungkin terdapat bakteri S.typhi selama beberapa tahun, sehingga yang bersangkutan dapat mengalami kekambuhan.
Demam paratifus mempunyai gejala mirip dengan tifus, hanya saja kadarnya lebih ringan. Penyebab : Salmonella paratyphi.
TANDA & GEJALA
  1. Demam tinggi (38,8 – 40,5° C), menggigil
  2. Sakit kepala yang parah
  3. Hilang nafsu makan
  4. Nyeri otot
  5. Batuk
  6. Letih, lemah
  7. Sakit tenggorokan

Untuk memastikan anda terinfeksi S.typhi atau S.paratyphi, anda dapat melakukan tes Widal. Tes ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan antibody terhadap S.typhi atau S.paratyphi.
PERAWATAN DIRI SENDIRI
Cara terbaik untuk mempercepat pengobatan tifus adalah dengan :
  1. Istirahat penuh di tempat tidur selama minimal 3 hari. Usahakan untuk tetap menggerak-gerakan kaki.
  2. Untuk sementara makan makanan yang lunak / lembut, misal bubur, agar-agar, sup, nasi tim. Lanjutkan selama minimal 3 minggu setelah sembuh dari tifus, karena usus masih dalam tahap penyembuhan. Makan hanya makanan yang baru saja dimasak hingga matang (masih hangat, masih mengepul).
  3. Minum 8 – 10 gelas air setiap hari untuk mencegah dehidrasi akibat demam atau diare. Masak hingga mendidih air yang akan diminum, atau gunakan air mineral yang dikemas dalam botol bersegel.
  4. Hindari minuman yang anda tidak tahu persis terjaga kebersihannya, misal: es campur, es doger, minuman yang mengandung es batu.
  5. Makan hanya buah yang baru saja dipotong sebelum dimakan atau potong sendiri buah yang akan anda makan. Jangan makan buah yang sudah dipotong lama.
  6. Hindari buah yang tidak bisa dikupas, misal : anggur, jambu air, strawberry.  Pilih buah yang bisa anda kupas, misa : mangga, pisang, melon, pear.
  7. Hindari makanan yang mengandung sayuran mentah, misal salad, lalap, karedok.
  8. Jangan biarkan makanan terbuka di atas meja. Tutup makanan dengan tudung, atau simpan di lemari sehingga terhindar dari kecoak, lalat, dan tikus.
  9. Cuci tangan secara menyeluruh dengan sabun dan air bersih setelah keluar dari toilet dan sebelum menyiapkan makanan.
  10. Hindari makanan yang dijajakan di pinggir jalan. Pilih untuk membeli makanan hanya dari tempat yang mempunyai tempat pencucian piring dan gelas yang memadai (tersedia air mengalir, bukan air yang disimpan di ember).

Bahan Makanan mentah mudah tercemar bakteri salmonella

Penderita perlu dirawat inap apabila mengalami muntah berulang, demam tidak juga turun walaupun sudah minum obat turun panas, serta badan lemas tidak bertenaga (lungkrah).

OBAT – OBATAN YANG BIASA DIGUNAKAN
Obat pilihan pertama untuk penyakit tipus adalah anti biotik dari jenis chloramphenicol. Biasanya masih didukung dengan beberapa obat lain. Obat ini harus diminum 3 s.d. 4 kali sehari selama 14 hari. Bila tidak, kemungkinan bisa kambuh lagi. Selain itu kuman menjadi kebal terhadap obat ini. Antibiotik berikutnya yang bisa digunakan adalah Ciprofloxacin dan Levofloxacin.
Ciprofloxacin dapat mengejar kuman tipus sampai ke sumsum tulang( tempat sembunyi kuman Salmonella Tiphy ). Obat ini diberikan dalam waktu tujuh hari dengan dosis 2 kali sehari.
Sedangkan Levofloxacin selain mampu mengatasi kuman juga dapat menurunkan panas lebih awal daripada Ciprofloxacin. Selain itu efek samping ( mual, muntah, tidak nyaman di perut, mengganggu fungsi hati) lebih ringan daripada ciprofloxacin. Setelah pengobatan dengan antibiotik anda dapat mengkonsumsi probiotik untuk mempercepat pemulihan kondisi usus.
Tapi ingat, penggunaan obat – obat ini harus dalam pemantauan dokter. Tidak dijual bebas di pasar. Pengobatan yang dilakukan kurang dari waktu yang ditentukan dapat menyebabkan penderita tetap “menyimpan” kuman S.typhi selama beberapa tahun, dan dapat kambuh kembali di kemudian hari.
 
Salmonella Typhi dengan rambut getarnya

Komentar

  1. Impotensi, dimana ketidakmampuan laki laki dekat ereksi di mana penyebabnya oleh dua mungkin saja yaitu organik: ada gaya-gayanya guna persarafan atau pembuluh darah penis. cowok dgn kencing indah uzur kelumpuhan saraf tulang belakang setelah pembedahan prostat. Kejiwaan : oleh dikarenakan ada kendala kejiwaan , ereksi tidak dapat terjadi Ejakulasi dini contohnya ini sering disebabkan oleh elemen kejiwaan yg tak stabil.

    Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit kelamin yang anda rasakan, jangan ragu untuk bertanya pada kami karena isi konsultasi aman terjaga, privasi pasien terlindugi, dan anda bisa tenang berkonsultasi langsung dengan kami. Anda dapat menghubungi hotline di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli Klinik Apollo, atau klik website bawah ini untuk berkonsultasi dengan ahli klinik Apollo.

    BalasHapus
  2. 5 fungsi Sunat bagi kesegaran Pria
    Manfaat sunat bagi melindungi kebersihan. bersama sunat, dapat menghasilkan laki-laki lebih gampang menyiangi penisnya. Sunat sanggup menghindari penumpukan kotoran. dikarenakan sesudah kencing, kebanyakan kembali ada tertinggal di kulit (kulup penis) yg hasilnya sanggup menghasilkan iritasi kronis. Kebersihan penis pasti sanggup menjaga laki-laki semenjak beragam hal menyebar. tidak cuma itu sektor puncak penis cowok adalah area tumbuhnya tidak sedikit patogen. seandainya tak dikhitan, cowok berisiko mengantongi inflamasi yg berujung terhadap beraneka ragam kasus kesehatan.

    Manfaat sunat kepada menghindari kanker prostat. penyelidikan di Universiy of Quebec’s INRS-Institut Armand-Frappier di Montreal, Kanada menyatakan bahwa sunat dapat mengecilkan komisi terinfeksi masalah kelamin merambat yg jadi salah tunggal penyebab kanker prostat.

    Manfaat sunat buat menghindari HIV. laki-laki yg telah dikhitan mempunyai uang lelah borok terhadap meraup kasus menghinggapi seksual, salah satunya merupakan HIV. bagi penyigian Dr. Lance Price dan rekan-rekannya mulai sejak George Washington University, AS, sunat mampu menyusutkan efek terinfeksi HIV sampai 50 prosen. penyigian tercatat dilakukan dgn menyerupakan jalma yg menyertakan sunatan masal yg dilakukan di uganda dan yg tak menurunkan sunatan masal tercatat. awal kreasi penyelidikan tertera ketahuan bahwa sesudah disunat, bilangan keseluruhan patogen yg ada di kulup penis partisipan menular dengan cara istimewa. terkecuali itu prevalensi patogen anaerob (organisme yg tidak mampu pandangan hidup tidak dengan oksigen) jadi menyusut. kamu� menyirnakan kulupnya dan cacah oksigen yg ada di penis jadi bertambah borong mengadakan kelembabannya. dgn menyulih suara ekosistem yg ada di penis sehingga penis tak jadi sarang virus.

    Manfaat sunat kepada menghindari barah ginjal & kandung kemih. buat penyigian yg dilakukan oleh Brian Morris, profesor ilmu kedokteran molekular berasal Sydney Medical School, University of Sydney, disebutkan bahwa anak laki laki yg tak dikhitan sepuluh kali lebih rentan meraih bengkak ginjal, kandung kemih, dan saluran kemih daripada ujang yg dikhitan.

    Manfaat sunat juga sebagai donor patogen bagus. bakal penyigian yg dilakukan oleh ilmuwan bermula Indiana University, komune kuman apik dengan cara istimewa dipengaruhi oleh sunat. patogen bagus tercatat berperan yang merupakan pelindung. Oleh dikarenakan itu sunat atau khitan ketahuan bisa menciutkan remunerasi tertular HIV dan problem menghinggapi seksual yang lain. Nah, dimanakah tempat mikroba apik tersimpul guna penis? kuman tercantum terletak di lembah kulup penis.

    Demikianlah artikel “5 fungsi Sunat terhadap kesegaran laki laki. mudah-mudahan sanggup membangkitkan wawasan dan berguna kepada kamu.

    Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit kelamin yang anda rasakan, jangan ragu untuk bertanya pada kami karena isi konsultasi aman terjaga, privasi pasien terlindugi, dan anda bisa tenang berkonsultasi langsung dengan kami. Anda dapat menghubungi hotline di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli Klinik Apollo, atau klik website bawah ini untuk berkonsultasi dengan ahli klinik Apollo.

    Rumah sakit andrologi jakarta | Mengatasi kulup panjang

    Sunat laser di jakarta | Metode sunat modern di Klinik Apollo

    Chat Online | Free Consultasion

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TES KONSUMSI BBM YAMAHA NEW JUPITER Z 2011

MANFAAT AMPAS KOPI

SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN - IPA KELAS 7 sm 2