Selasa, 03 April 2012

MENGETIK DENGAN MS WORD MEMANG MENYEBALKAN

Dengan software apa kalo kita membuat surat, mengetik soal, karya tulis ? Pasti Microsoft Word. Sudahkah kita menyadari kalau di MS Word ada fitur yang terasa mengganggu, khususnya bagi orang Indonesia? Semua mungkin merasakan, tapi bisa diatasi secara manual. Fitur apa saja itu? Ada beberapa fitur yang sudah saya tahu. Misalnya …:
1.       Check Spelling and Grammar
Fitur ini menyebabkan tulisan kita akan dicek ejaannya sesuai dengan tata bahasa Inggris. Tentu saja hampir semua yang kita tulis salah, kecuali kata – kata yang memang berasal dari bahasa Inggris yang belum diindonesiakan. Kata kata yang dianggap salah ini ditandai dengan garis gergaji merah di bawahnya. Hal ini cukup mengganggu pemandangan.
2.       Autocorrect
Fitur ini menyebabkan kata – kata yang mirip kata – kata Inggris diubah tanpa seijin kita. Misalnya kalau kita menulis datang , begitu kita menekan spasi, langsung berubah menjadi dating.
Sebenarnya fitur itu bisa dimatikan. Cara mematikannya adalah :
office button

1.       Klik Office Button (  ) di pojok kiri atas lalu klik Word Options, lalu tampil …


2.       lalu klik Proofing, sehingga tampil seperti ini :


Bila pada bagian yang saya beri kotak merah ada tanda centang pada kotak kecil, hilangkan semua tanda centang dengan cara klik pada tanda centang tersebut.
3.       Klik OK
4.       Tutup MS Word, lalu buka lagi
5.       SELAMAT MENCOBA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar