Senin, 16 Juli 2012

FREEMAKE VIDEO CONVERTER, SOFTWARE UNTUK MENGUBAH FORMAT VIDEO


20 tahun yang lalu orang harus menggunakan televisi dan video player untuk menonton video. Perangkatnya mahal, kaset video juga tidak murah. Maka usaha rental video pun berkembang. Era kaset video pun berakhir, digantikan ole VCD, yang bisa ditonton di televisi maupun  komputer.
Saat ini terjadi perubahan besar cara menonton video. Dengan beredarnya ponsel multimedia maupun peralatan multimedia mini yang lain, kini video dapat dinikmati di mana saja. Di taman, di dalam kendaraan, sambil beol di WC, orang bisa menikmati video. Tapi jangan coba – coba menonton video sambil mengemudikan kendaraan. Sambil sms-an atau menerima panggilan telpon aja dilarang, apalagi menonton video. Taruhannya nyawa atau rumah sakit bro.
Ponsel memiliki ukuran layar yang kecil. Smartphone terbesar mempunyai ukuran layar sekitar 320 x 240 pixel ( CMIIW ). Begitu juga dengan memory cardnya. Sebesar apapun kapasitas memory card, karena selalu diisi banyak file, baik file musik, gambar, maupun video, akhirnya kapasitasnya terasa kurang juga. Karena itu video yang bisa dinikmati di ponsel harus disesuaikan, yaitu :
  1. Resolusi kecil, maksimal sama dengan resolusi layar
  2. Ukuran file kecil, untuk menghemat memory.

Ada dua macam format video yang biasa digunakan dalam ponsel, yaitu 3gp dan mp4. Oleh karena itu semua file video yang akan kita nikmati di ponsel harus diubah ke format 3gp atau mp4. File Video yang biasa kita tonton ada bermacam – macam format, misalnya VCD, avi, mov, mkv dan sebagainya. Ukuran file dan resolusinya pun besar. Oleh karena itu sebelum disalin ke ponsel kita harus mengubah resolusi dan format videonya. Selain itu kita juga sebaiknya memperkecil ukuran video sebelum kita unggah ke youtube. Jika ukuran file kecil saat mengunggah bisa menghemat waktu dan juga menghemat kuota internet kita. Dengan menggunakan seperangkat komputer dan video converter, kita bisa dengan mudah mengubah format video. Saya sudah biasa menggunakan Freemake Video Converter untuk keperluan ini.

Kenapa Freemake Video Converter ?

Selain Freemake Video Converter, masih ada berbagi software lainnya. Tapi dari semua software yang telah dicoba, paling suka dengan Freemake video converter. Mengapa ?
Ada beberapa alasan, yaitu :
  1. Gratis, ini yang terpenting
  2. Full version, bukan trial, tidak perlu membeli bisa dipakai tanpa batas waktu, asal kompatibel dengan sistem operasinya. Kita hanya dianjurkan membuat status like di facebook atau twitter.
  3. Mendukung banyak format video dari avi, mkav, mov, android, sony, nokia, 3gp, mp4, dsb
  4. Tampilan menarik
  5. Mudah digunakan
  6. Mudah diunduh, tinggal tanya sama mbah Google, langsung ketemu dan ukuran file relatif kecil, segera saja diunduh. Bisa diunduh di sini

Manfaat Freemake Video Converter :

  1. Memperkecil resolusi video sekaligus memperkecil ukuran file video
  2. Mengkonversi file video ke format video yang lain
  3. Mendownload video dari situs video ( misalnya youtube ) dan mengkonversi file videonya
  4. Manfaat lain belum dieksplorasi

Menginstal Freemake Video Converter :

  1. Hubungkan komputer atau laptop dengan internet
  2. Klik kanan pada file instalasi Freemake Video Converter lalu klik kiri pada pilihan Open
  3. Ikuti intruksi selanjutnya sampai selesai.
Setelah selesai, jika anda membuka browser kesayangan anda ( Firefox atau Google Chrome), akan muncul ikon Freemake Video Converter(FVC) pada toobar sebelah kanan. 
ikon freemake video converter

Ikon ini berguna jika anda membuka file video di youtube dan ingin mengunduhnya. Tinggal klik pada ikon ini, dan tampillah FVC. Selanjutnya tinggal menggunakannya.

Bagaimana menggunakan Freemake Video Converter(FVC)

  1. Buka FVC, dengan cara klik pada ikon FVC pada toolbar browser atau lewat start menu. tampilan awalnya sebagai berikut :
    gambar 1
  2. Klik Video, lalu cari tempat file video berada ( dari memory card, flash disk atau CD), lalu pilih salah satu file dan klik open, lalu file video tampil pada jendela FVC
    gambar 2
  3. Jika sumber video berasal dari youtube ( sebaiknya streaming video dari youtube dipause dulu dengan menekan tombol ;), caranya :
    • klik kanan pada tampilan video pilih copy URL ( salin URL), lalu kembali ke tampilan Freemake Video Converter 
    • Klik Paste URL
    Setelah langkah 2 atau 3 file video akan ditampilkan sbb :

  4. Pilih format video yang diinginkan pada bagian bawah tampilan FVC, misalnya saja to 3gp atau to mp4, lalu akan tampil
    gambar 4
  5. Sesuaikan resolusi video dengan tombol yang ditunjukkan gambar di atas, pilih salah satu ukuran ( untuk smartphone 320 x 240 ) atau yang lain.

  6. Klik kotak biru bertitik 3 yang ditunjukkan gambar 4, lalu pilih folder tujuan untuk menempatkan video
  7. Beri nama untuk file video yang baru
  8. Klik convert
  9. Tunggu sampai proses selesai
Setelah selesai anda bisa mengkopi file video ke memory card, mengirim lewat blutooth atau infra merah atau mengunggahnya ke youtube.
Bagaimana, mudah bukan ?

download Freemake video converter

Software dari Freemake yang baru akan memunculkan toolbar baru pada browser anda. Sebaiknya anda hanya menginstal satu software saja dari Freemake.
Freemake Video konverter yang saya gunakan adalah versi 3.0.0. versi ini tidak membuat toolbar baru, tapi hanya satu ikon.Untuk versi selanjutnya akan memunculkan toolbar baru.

1 komentar: