Sabtu, 08 September 2012

UPLOAD FOTO TERLALU LAMA, EDIT FOTO DENGAN MICROSOFT OFFICE PICTURE MANAGER


Yang hobby upload foto ke Facebook ataupun ke blog pribadi pasti sering mengeluhkan lamanya upload foto. Terutama bila koneksi internetnya lemot. Koneksi internet biasanya amat lemot pada jam – jam tertentu, di mana banyak konsumen menggunakan jaringan internet secara bersamaan. Bahkan jaringan yang katanya anti lelet pun sering kewalahan apabila banyak pengguna memakai bersamaan. Apalagi bagi yang tinggal di kota kecil atau pedesaan, yang paling banter menggunakan jaringan EDGE atau pun GPRS. Tahu nggak, yang nggak tahu… NDESO.
Lamanya waktu upload selain dipengaruhi oleh kecepatan koneksi internet juga dipengaruhi oleh ukuran file foto yang diupload. Foto berukuran 12 Mega pixel ( 4000 p x 3000 p ) mempunyai ukuran file 4500 kB. Bila kecepatan koneksi internet 50 kB/s, maka waktu yang diperlukan untuk mengupload satu foto sekitar 90 detik( 1,5 menit ). Itu terjadi jika kita tidak memberi beban tambahan pada jaringan. Jika ada beban tambahan pasti lebih lama lagi.  Salah satu cara supaya upload foto lebih cepat adalah memperkecil ukuran foto yang diupload. 
Hal ini berlawanan dengan keinginan kita untuk memperoleh foto yang bagus. Foto semakin bagus jika berukuran besar. Dengan sendirinya ukuran filenya besar. Hal ini tidak masalah. Kita dapat mengambil foto dengan kamera digital maupun hp berkamera sebagus – bagusnya. Sebelum diupload, kita edit foto tersebut, sehingga diperoleh foto yang lebih kecil filenya, tanpa menghilangkan foto aslinya.

Bukankah dengan memperkecil foto, kualitas gambar jadi tidak bagus? Ya, memang. Tapi ukuran layar komputer atau laptop paling 1366 pixel x 768 pixel (1049088 pixel= 1 Mega pixel ) . Dengan demikian foto berukuran 1,3 Mpx sudah tampak bagus di layar laptop. Bahkan gambar berukuran 0,3 Mpx pun sudah tampil bagus di facebook. Tidak perlu besar kan.
Karena itu bila kita akan mengupload foto langsung dari hp, sebaiknya foto yang kita ambil dengan kamera hp jangan terlalu besar ( max 1280 x 960 pixel, minimal 640 x 480 pixel ). Sedangkan bila akan kita upload dari komputer kita bisa memperkecil foto berukuran besar dengan MSO Picture manager.
Mengapa memilih Microsoft Office Picture Manager ?
1.       Merupakan program bawaan dari Microsoft Office 2007 dan 2010. Tidak perlu menginstal lagi.
2.       Mudah digunakan
3.       Tampilan sederhana, walaupun tidak selengkap Adobe Photoshop. Tapi hal ini juga membuatnya mudah dipelajari
Pada kesempatan ini, fungsi yang akan diekspos adalah fungsi Crop dan Resize.
MEMBUKA MSO PICTURE MANAGER
Cara termudah membuka MSO Picture Manager adalah dari file foto yang akan diedit. Caranya adalah :
1.       Buat folder baru untuk menyimpan hasil editan  di manapun anda suka ( di My Document, flash disk atau memory card ), beri nama folder tersebut sesuka anda.
2.       Buka folder tempat foto kita. Bisa berasal dari flashdisk, CD atau memory card. Klik kanan file foto, pilih Open With, pilih Microsoft Office Picture Manager ( Kalau menggunakan MS Office 2010, cukup pilih Microsoft Office ). Tampilan awanya sebagai berikut : 

3.       Klik Edit Picture, tampilan berganti sebagai berikut :

4.       Bila gambar masih rebah, bisa anda putar dengan salah satu dari tombol rotate () yang berada di toolbar standar.
5.       Bila sudah puas dengan tampilan foto langsung saja klik Resize, Tapi jika ingin membuang bagian foto yang tidak diperlukan, klok crop, lalu tampil sebagai berikut :

6.       Geser pengatur batas gambar mendekati bagian foto yang kita inginkan dari 4 arah, sehingga hanya bagian yang kita inginkan tampil jelas. Bagian di luar batas nampak redup.

7.       Klik Ok,  maka hasil cropping segera tampil.

Lihat ukuran(size) foto sekarang di  Task pane agak ke bawah. Bila ukuran foto tidak lebih besar dari 1336x900 pixel, anda bisa langsung menyimpannya dengan perintah save as. Bila masih lebih besar dari itu, maka perlu diperkecil.
Cara memperkecil :
1.       Klik tombol Back to Edit Picture pada task pane. Lalu pilih Resize. Tampilan Task Pane :

2.       Pilih Predefined Width and Height, Buka pilihan ukuran dengan cara klik segitiga hitam pada sebelah kanan task pane. Bisa juga denga klik Compressed, lalu pilih untuk jenis dokumen yang akan disisipi foto.
3.       Pilih salah satu ukuran pada pilihan itu. Bisa juga dilakukan dengan cara menurunkan angka persentase di bawahnya ( bisa untuk membuat wallpaper yang pas). Makin kecil, makin cepat uploadnya, tapi jangan kurang dari 320 x 240 pixel. 
4.       Bila sudah selesai klik OK
Menyimpan File :
1.       Klik File, Save as
2.       Pilih folder yang sudah anda buat
3.       Ketik nama File
4.       Klik Ok
Menutup MSO Picture Manager :
1.       Klik tombol Close atau File, Exit
2.       Pilih Don’t save ( Jangan salah, jika anda pilih Save, maka file asli akan ikut diubah
Selamat Mencoba, Semoga Berguna

1 komentar: