BESARAN, SATUAN DAN PENGUKURAN


BESARAN
Sains adalah kumpulan fenomena alam yang sudah dipelajari oleh manusia, melalui pengamatan, pengukuran, pengujian ilmiah berkali kali dan disusun secara sistematis dan terstruktur.
Untuk mendapatkan pengetahuan yang benar maka diperlukan pengukuran yang teepat. Karena itu pengukuran sangat penting dalam perkembangan sains. Karena itu ketika kalian belaar sains, maka yang pertama kali dipelajari adalah pengukuran. Mengukur bertujuan untuk mengetahui  nilai suatu obyek yang sedang diamati.
Nilai suatu obyek yang bisa diukur disebut BESARAN.  Ada 3 kelompok besaran ( untuk tingkat SMP biasanya hanya 2 ), yaitu :
1.       Besaran pokok,  ada 7 yaitu :
a.       Panjang
b.      Massa
c.       Waktu
d.      Kuat arus listrik
e.      Temperatur
f.        Intensitas cahaya
g.       Jumlah  zat
2.       Besaran turunan, jumlahnya sangat banyak, antara lain luas, volume, gaya ( termasuk berat), bertat jenis, tegangan listrik, dsb
3.       Besaran tambahan, ada 2 yaitu :
a.       Sudut bidang
b.      Sudut ruang
Semua yang kita pelajari dalam sains, terutama dalam bidang fisika, kimia, astronomi tidak lepas dari besaran yang tersebut di atas.

SATUAN
Satuan adalah besaran dengan nialai yang ditetapkan sebelumnya dan digunakan sebagai pembanding dalam pengukuran. Nilai besaran yang dijadikan satuan harus disepakati bersama dan tetap. 

PENGUKURAN
Pengukuran merupakan usaha untuk mengetahui nilai besaran suatu obyek dengan cara membandingkannya dengan satuan yang sesuai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TES KONSUMSI BBM YAMAHA NEW JUPITER Z 2011

MANFAAT AMPAS KOPI

SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN - IPA KELAS 7 sm 2