CIRI - CIRI MAKHLUK HIDUP - Klassifikasi Makhluk Hidup

 Ada banyak benda di alam ini. Diantara benda itu ada yang hidup, ada juga yang tidak hidup. Benda yang hidup dinamakan Makhluk Hidup atau Organisme. Benda yang tidak hidup disebut benda mati. Di antara benda mati pun ada bermacam macam. Ada logam dan non logam.

Bagaimana cara membedakan antara benda mati dan makhluk hidup?

Mungkin kalian akan menjawab makhluk hidup bernyawa dan benda mati tidak bernyawa. Tapi jawaban itu tidak cukup buat kita untuk membedakannya. Nyawa itu tidak dapat kita amati, jadi tak bisa kita jadikan dasar untuk membedakannya. kita membutuhkan ciri-ciri yang mudah diamati untuk membedakan antara makhluk hidup dan benda mati.Apakah itu ?

Ciri - ciri Makhluk Hidup :

1. Bernapas ( RESPIRASI )

Makhluk hidup bernapas untuk melakukan pertukaran gas oksigen (O2) dan karbondioksida ( CO2 ). 

a. Pernapasan pada hewan mengambil oksigen dari lingkungan dan melepaskan karbondioksida.

Oksigen diperlukan untuk melakukan oksidasi dalam tubuh hewan yang menghasilkan energi untuk hidup dan karbondioksida. Karbon doksida merupakan racun bagi tubuh sehingga harus dibuang melalui pernapasan. 

alat pernapasan manusia
Makhluk hidup perlu bernapas untuk mendapatkan oksigen


b. Pernapasan pada tumbuhan mengambil karbondioksida dari lingkungan dan melepaskan oksigen

Tumbuhan bernapas untuk mendapatkan CO2 dan melepaskan O2

 Tumbuhan memerlukan karbondioksida untuk melakukan fotosintesis. Proses fotosintesis menghasilkan glukosa dan oksigen. Glukosa disimpan oleh tumbuhan dan oksigen dilepaskan ke lingkungan

2. Memerlukan Makanan ( NUTRISI }

Tunbuhan dan hewan memerlukan makanan

Makanan diperlukan oleh makhluk hidup sebagai sumber energi, zat pembangun dan zat pengatur tubuh. Sumber makanan makhluk hidup itu berbeda-beda. Makanan hewan bisa berupa tumbuhan, daging, serangga, sisa-sisa makhluk hidup. Makanan tumbuhan adalah air dan unsur hara. Unsur hara bisa berasal dari alam, bisa juga buatan manusia. Unsur hara alami berasal dari pupuk kandang, pupuk hijau, humus dan kotoran hewan. Unsur hara buatan manusia biasa disebut pupuk.

3. Bergerak

Makhluk hidup perlu bergerak untuk mencari makanan, air, sinar matahari dan mepertahankan diri. Alat gerak makhluk hidup berbeda beda. Ada yang berupa tangan, kaki, ekor, sirip, sayap, bulu getar, bulu cambuk dan tentakel. Tumbuhan bergerak untuk mencari sumber air dan sinar matahari.

Tumbuhan bergerak mencari sinar matahari (fototropisme)
Tumbuhan bergerak menuju sinar matahari

Kijang sedang berlari
Hewan bergerak

4. Tumbuh dan Berkembang

Pertumbuhan Hewan dan Tumbuhan

Tumbuh artinya bertanbah besar, bertambah panjang atau bertambah tinggi. Berkembang artinya bertambah kuat dan bertambah kemampuannya misalnya mampu berjalan, berlari, terbang, berbicara dan sebagainya. Beberapa hewan juga mengalami perkembangan tubuh yang disebut metamorfosis.


5 Berkembang |Biak ( REPRODUKSI )

Kemampuan makhluk hidup untuk memperoleh keturunan disebut berkembang biak (reproduksi). Berkembang biak bertujuan untuk melestarikan keturunan agar tidak punah. Sebagai contoh kamu lahir dari ayah dan ibu. Ayah dan ibumu masing-masing juga mempunyai orangtua yang kamu panggil kakek dan nenek, dan seterusnya. Cara berkembang biak ada 2 macam yaitu secara kawin ( GENERATIF ) dan tak kawin ( VEGETATIF ). 

Hewan berkembang biak

GENERATIF yaitu cara kembang biak yang didahului dengan pertemuan sel kelamin jantan dan sel telur. karena itu ada organisme jantan dan organisme betina.

Perkembangbiakan generatif

VEGETATIF yaitu cara kembang biak yang tidak didahului pertemuan sel kelamin dantan dan sel telur. Misalnya menggunakan tunas, akar tinggal, geragih, stek, dan sebagainya.

Perkembangbiakan vegetatif

6. Peka Terhadap Rangsang ( IRRITABILITA )

Semua makhluk hidup peka terhadap perubahan-perubahan yang terjadi di sekitarnya. Misalnya, daun tumbuhan putri malu akan mengatup jika disentuh, manusia menutup telinga saat mendengar suara yang keras seperti petir, dan kupu-kupu mendekati bunga karena mencium aroma bunga.

peka terhadap rangsang

Dengan peka terhadap rangsang, maka makhluk hidup bisa mengetahui adanya makanan, bahaya sehingga bisa mendekati atau menghindarinya.

7.  Adaptasi

Adaptasi adalah proses penyesuaian diri yang dilakukan makhluk hidup terhadap perubahan lingkungan. Makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungannya dengan beberapa cara, yaitu adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi, dan adaptasi tingkah laku.


Manusia bisa beradaptasi terhadap lingkungan dengan cara memakai jaket jika dingin, membuat api, berteduh jika panas, dan sebagainya

Jadi kesimpulannya, ada 7 ciri ciri makhluk hidup yaitu :

  • bernapas
  • memerlukan makanan
  • bergerak
  • tumbuh dan berkembang
  • berkembang biak
  • peka terhadap rangsang
  • beradaptasi
Jika ada benda yang memiliki semua ciri tersebut, maka bisa disebut makhluk hidup. kucing, ayam, tumbuhan, manusia memiliki semua ciri tersebut, sehingga termasuk makhluk hidup. Sedangkan yang hanya memiliki sebagian ciri tersebut, tak bisa disebut makhluk hidup.
Contoh : 
  1. MOBIL. mobil membutuhkan makanan, bisa bergerak, tapi tidak bisa tumbuh dan berkembang, tidak berkembang biak, maka mobil bukan makhluk hidup
  2. BATU, tidak termasuk makhluk hidup.
Sekarang silakan diskusikan dengan teman temanmu, benda apa saja yang termasuk makhluk hidup dan benda mati yang ada di rumahmu.


 

Komentar

  1. Nama : DWI PRASETYO YULIANTO Kelas : VIIB / 7 B

    BalasHapus
  2. Nama:R NITI KRISNA SRIWIYUDHA Kelas:7C no:11

    BalasHapus
  3. 𝑬𝑹𝑴𝑨 𝑹𝑨𝑯𝑴𝑨𝑺𝑨𝑹𝑰//𝑽𝑰𝑰 π‘ͺ

    BalasHapus
  4. Saya telah mengetahui ciri ciri makhluk hidup

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TES KONSUMSI BBM YAMAHA NEW JUPITER Z 2011

MANFAAT AMPAS KOPI

SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN - IPA KELAS 7 sm 2